Program S2 Magister Akuntansi UI

Kabar.tv kali ini menyampaikan informasi tentang Program S2 Magister Akuntansi UI sebagai berikut:

Program S2 Magister Akuntansi UI

Program S2 Magister Akuntansi UI

Program Studi Magister Akuntansi (MAKSI) FEB UI adalah program magister akuntasnsi dengan orientasi profesi yang pertama di Indonesia. Sejak pendiriannya pada tahun 1998, Program Studi MAKSI FEB UI tetap teguh mendidik tenaga akuntan dan para profesional di bidang informasi sebagai insan yang ‘utuh’ untuk mengembangkan disiplin akuntansi demi membantu terbentuknyagood public & corporate governance dalam “global civil society”.
Program Studi Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk.) FEB UI adalah program profesi yang mempersiapkan mahasiswanya untuk mengikuti ujian Chartered Accountant (CA) yang diselenggarakan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Program Studi PPAk. FEB UI juga merupakan penyelenggarakan PPAk. yang pertama di Indonesia.Program Studi MAKSI – PPAk. menawarkan pilihan program pendidikan sebagai berikut:
1. Program MAKSI
2. Program PPAk.
3. Program MAKSI – PPAk.
Program MAKSI – PPAk. adalah program yang mulai ditawarkan pada semester Gasal Tahun Akademik 2008/2009. Program ini memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa yang ingin memperoleh gelar Magister Akuntansi (M.Ak.) dan mempersiapkan mahasiswa mengikuti ujian Chartered Accountant ( CA), tanpa harus mengikuti kedua program secara terpisah, dengan masa studi yang lebih cepat dan biaya pendidikan yang lebih murah.

Gelar & Status Akademik
Mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan Program Studi MAKSI berhak menyandang gelar Magister Akuntansi ( M.Ak.) Gelar ini secara formal disamakan dengan program-program pascasarjana yang lain. Karena alasan inilah maka mahasiswa dibatasi pada mereka yang telah memiliki gelar sarjana dari program strata 1 ( S1), atau yang disamakan, dan DIV STAN.Peserta yang telah lulus dari Program Studi  PPAk. dan lulus ujiaan CA akan mendapatkan sertifikat CA. Dengan CA tersebut,lulusan dapat mendaftarkan diri ke Departemen Keuangan untuk mendapatkan nomor register Akuntan Negara dan berhak menyandang gelar Profesi Akuntan (Ak ) setelah memenuhi bebrapa persyaratan lainnya.
Mahasiswa yang berhasil menyelesaikan Program Studi MAKSI-PPAk dan lulus ujian CA berhak mendapat gelar Magister Akuntansi (M.Ak.) dan Certificate CA. Mahasiswa MAKSI dan PPAk. yang merupakan lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia akan diwisuda pada saat upacara wisuda Universitas Indonesia.
Kelulusan ujian CA sepenuhnya merupakan hak dari Dewan Standar Akuntan Profesional IAI.
Prosedur Pendaftaran Universitas Indonesia
Program S2 MAKSI dan Program Profesi PPAk.
  1. Pendaftar membuat account di situs
    • http://www.penerimaan.ui.ac.id

      Calon Mahasiswa MAKSI-PPAK (2 Program) melakukan 2 (dua) pendaftaran, yaitu di MAKSI dan di PPAK, cukup dengan satu account saja.

  2. Setelah Login, pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran secara online dan mendapatkan nomor pendaftaran. Nama peserta diisi tanpa menggunakan gelar akademik atau sebutan profesi.
  3. Pendaftar meng-upload file foto berwarna ukuran 4x6cm
  4. Melunasi biaya pendaftaran melalui ATM atau Teller menggunakan nomor pendaftaran yang diperoleh sebelumnya. Pembayaran dapat dilakukan melalui :
    • ATM / Teller Bank BNI
    • ATM atau Internet Banking Bank Permata
    • ATM Bank Niaga
    • ATM Bank Bukopin
    • Teller Bank BTN
    • ATM bank Mandiri
  5. Setelah itu pendaftar akan mendapatkan nomor ujian dan kartu peserta ujian yang dapat dicetak berwarna secara mandiri untuk digunakan pada saat pelaksanaan ujian saringan
  6. Meng-upload hasil scan dokumen persyaratan yang diperlukan secara online dalam format PDFpada periode yang ditentukan pada jadwal kegiatan
  7. Mengikuti Ujian Saringan sesuai jadwal dan materi yang telah ditetapkan dengan membawa kartu peserta ujian yang telah dicetak secara online dan identitas diri yang digunakan ketika melakukan pendaftaran secara online. (catatan: pendaftar memasukkan nomor identitas diri ketika melakukan pendaftaran secara online).
  8. Pengumuman peserta yang diterima akan diumumkan sesuai tanggal yang telah ditetapkan pada jadwal kegiatan. Peserta dapat melihat hasil pengumuman setelah login dengan account yang dibuat.
Informasi Lebih Lanjut hubungi :
Program Studi MAKSI-PPAk FEUI:
Gedung Prof. Dr. Mohammad Sadli
Jl. Salemba Raya 4 Jakarta 10430, Indonesia
Telp : 62 21 31907848 (hunting) ext : 621-626-631-632-611-612 & 650
Fax. 62 21 3900703
170 Total Views 1 Views Today