Pernikahan Putri Jokowi Kahiyang Ayu Usung Konsep Adat Jawa Klasik

Kabar.tv kali ini menyampaikan informasi tentang Pernikahan Putri Jokowi Kahiyang Ayu Usung Konsep Adat Jawa Klasik sebagai berikut:

Pernikahan Putri Jokowi Kahiyang Ayu Usung Konsep Adat Jawa Klasik

Pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Afif Nasution digelar dengan serangkaian upacara adat Jawa kental, khas Solo. Dari Senin (6/11) keluarga besar Jokowi sudah sibuk melakukan tradisi wilujengan di Solo. Selasa (7/11), Jokowi memasang bleketepe yang dilanjutkan siraman beserta sungkeman serta jualan dawet. Malamnya, Kahiyang melangsungkan midodareni. Pagi hari tadi, Rabu (18/11) Kahiyang dan Bobby akhirnya melakukan ijab kabul di Graha Saba Buana, Solo. Usai itu, ada upacara panggih dan salam-salaman bersama tamu undangan. Tradisi Jawa klasik yang masih digelar itu menuai pujian dari banyak tamu undangan yang hadir. Pernikahan Kahiyang-Bobby bisa jadi momentum untuk memopulerkan budaya Jawa. Salah satu tamu undangan yang ikut memberi tanggapan yaitu Slamet aktor senior sekaligus bintang film laskar pelangi tersebut menilai masyarakat saat ini banyak yang tak mengetahui budaya-budaya Indonesia, terutama generasi muda. “Generasi jaman now ini tidak mengerti bagaimana, kalau saya masih memiliki kedekatan karena lahir 1940-an. Anak sekarang tidak tahu apa sih bleketepe, mbok itu dikontemporerkan. [Agar] kebudayaan itu jalan terus,” tutur Slamet. Dengan pemberitaan pernikahan Kahiyang-Bobby yang menjadi perhatian, Slamet menyebut masyarakat akan mengetahui dan mulai mencintai budaya Jawa.

“Tidak mungkin orang cinta kalau enggak ngerti. Harus ngerti dulu, kenapa siraman, kenapa dimandiin, kenapa harus injak telur, pakai janur, hal-hal yang menurut saya perlu penjelasan supaya budaya Jawa itu forever,” ucap pemeran film Sang Pencerah itu. Kahiyang dan Bobby telah melangsungkan akad nikah di Graha Saba Buana, Solo pagi ini. Bukan hanya digelar dengan adat Jawa yang kental, busana yang dikenakan pun Jawa klasik. Beberapa tamu penting terlihat hadir, mulai pejabat sampai selebriti. Warga pun ‘tumplek-blek’ di Graha Saba Buana karena ingin menyaksikan pernikahan Kahiyang-Bobby. Agus Yudhoyono yang datang bersama Annisa Pohan memberi pesan kepada Kahiyang dan Bobby, “Yang paling penting saling percaya, komunikasi yang jelas. Enggak perlu khawatir atau parno tentang pasangan kita.” Roy Marten pun ikut memberi pesan kepada Kahiyang dan Bobby, “Percayalah pada power of love. Energi cintanya jangan sampai habis, sampai selama-lamanya.” Setelah melangsungkan pernikahan dengan budaya Jawa, Kahiyang dan Bobby akan menggelar pernikahan dengan adat Batak di Sumatera Utara pada 24-26 November mendatang.

409 Total Views 1 Views Today