Pakar Gizi: Ini 5 Anjuran Sahur Agar Tubuh Tak Lemas Saat Puasa Ramadan

Kabar.tv kali ini menyampaikan informasi tentang Pakar Gizi: Ini 5 Anjuran Sahur Agar Tubuh Tak Lemas Saat Puasa Ramadan sebagai berikut:


ANDA SIBUK BEKERJA, INGIN KULIAH D3 S1 S2  KLIK DISINI


Pakar Gizi: Ini 5 Anjuran Sahur Agar Tubuh Tak Lemas Saat Puasa Ramadan

Makan sahur amat penting untuk memberikan energi yang cukup bagi tubuh saat menunaikan ibadah puasa Ramadan. Sayangnya menu sahur sering kali diabaikan dengan alasan mengejar waktu sebelum imsak, mengantuk ataupun lelah.

Selain lemas, tubuh juga tidak bisa menjalankan aktivitasnya secara optimal sepanjang hari. Belum lagi risiko gangguan pencernaan yang mungkin terjadi dan kemungkinan paling parahnya, malnutrisi.

Lantas apa saja makanan yang harus diasup saat sahur agar puasa ramadan bisa dilakukan dengan maksimal, tubuh pun tetap sehat dan fit seharian hingga tiba waktu buka puasa? Ini saran para ahli gizi.

1. Makan Karbohidrat
Pakar gizi Emilia Achmadi, MS., RD., mengatakan karbohidrat wajib ada di menu sahur. Karbohidrat memberikan tenaga bagi tubuh dan membuat mood lebih baik.

“Karbohidrat harus ada bahkan jika itu hanya nasi putih. Kalau bisa option yang lain (nasi merah) tapi jika cuma ada nasi putih tidak apa-apa asal balance dengan sayuran. Roti, sereal, buah juga boleh karena memiliki serat,” jelas wanita yang akrab disapa Emil ini.

2. Protein Tak Kalah Penting
Protein juga penting sebagai cadangan energi ketika Anda berpuasa. Protein dari ikan, ayam. Untuk menu sahur, jumlah protein bisa diperbanyak agar perut terasa kenyang dan energi juga bertahan lebih lama. Kekurangan konsumsi protein bisa membuat tubuh terasa lemas dan lesu sehingga ibadah puasa ramadan menjadi tidak maksimal.

“Protein membuat kenyang terasa lebih lama dibandingkan karbohidrat. Itu bantu kurangi rasa lapar,” kata dokter gizi Johannes Chandrawinata, SpKG.

3. Buah dan Sayur
Spesialis gizi klinis Dr. Fiastuti Witjaksono, SpKG menyarankan, dalam menu sahur perbanyaklah sayur serta buah. Kelompok makanan nabati ini kaya akan serat yang membuat perut terasa kenyang lebih lama. Selain itu sayur dan buah juga mengandung banyak air serta mineral yang menjaga agar tubuh tak kekurangan cairan.

4. Lemak
Jangan dulu antipati terhadap lemak karena tak selamanya lemak membuat tubuh menjadi gemuk. Lemak sehat justru diperlukan untuk mendukung pelepasan energi dari makanan yang dikonsumsi saat sahur lebih optimal. Lemak juga memberi rasa kenyang lebih lama.

Anda bisa mendapatkan lemak sehat dari susu, kacang-kacangan atau minyak ikan. Bisa juga dengan yogurt asalkan lambung dalam kondisi yang sehat.

“Yogurt mengandung nutrisi lengkap. Maka dari itu, yogurt juga bisa membantu menjaga kadar gula darah sehingga sensasi lapar berkurang,” ungkap Dr Marya Haryono, M.Gizi, SpGK.

5. Makanan Tinggi Vitamin dan Mineral
Selain air putih, minuman lain dalam menu sahur haruslah sehat. Dr Razeen Mahroof, ahli anestesi dari Oxford, Inggris, seperti dikutip dari NHS mengatakan penting memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dengan jus buah segar atau buah potong. Bisa juga dengan minum minuman mengandung elektrolit, lebih baik yang alami seperti air kelapa murni untuk menggantikan cairan elektrolit yang hilang selama berpuasa.

4439 Total Views 1 Views Today

Berita Terkait:

Berikan Komentar Anda