Masyarakat Ingin Jokowi Jadi Capres, Bukan Cawapres

Kabar.tv kali ini menyampaikan informasi tentang Masyarakat Ingin Jokowi Jadi Capres, Bukan Cawapres sebagai berikut:

Masyarakat Ingin Jokowi Jadi Capres, Bukan Cawapres

JokowiPengamat politik dari Soegeng Sarjadi Syndicate Ridho Imawan Hanafi mengatakan, aspirasi yang berkembang di sebagian besar masyarakat menghendaki Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sebagai calon presiden. Saat ditanya soal wacana duet Mega-Jokowi sebagai pasangan dalam Pemilu Presiden 2014, menurutnya, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan seharusnya mempertimbangkan aspirasi tersebut dalam menentukan calon presidennya.

“2014 adalah momentum Jokowi. Bukan momentum Megawati. PDI-P perlu membaca tanda-tanda momentum ini,” kata Ridho saat dihubungi, Senin (16/12/2013).

Menurutnya, PDI Perjuangan harus mempertimbangkan dengan matang jika benar-benar ingin menduetkan Megawati sebagai calon presiden dan Jokowi sebagai calon wakil presiden. Pasalnya, kata Ridho, tingkat elektabilitas Jokowi sejauh ini tinggi jika diposisikan sebagai capres, bukan cawapres.

“Artinya, jika sebagai wakil, Jokowi belum tentu menang,” ujarnya.

Sementara itu, ia mengatakan, selain kalah dari Jokowi, tingkat elektabilitas Megawati juga masih kalah jauh dibandingkan dengan bakal calon presiden lainnya, seperti Prabowo Subianto dari Partai Gerindra dan Aburizal Bakrie dari Partai Golkar.

Dengan demikian, duet Mega-Jokowi, katanya, memiliki potensi kekalahan yang jauh lebih besar daripada potensi kemenangannya. Oleh karena itu, ia pun menyarankan PDI Perjuangan untuk menjadikan Jokowi sebagai capres.

Menurut Ridho, mantan wali kota Solo tersebut tidak hanya memiliki tingkat elektabilitas yang tinggi sebagai capres, tetapi juga mampu mendongkrak perolehan suara PDI Perjuangan dalam pemilu legislatif.

“Jika PDI-P menginginkan menang dalam pemilu, maka Jokowi harus dicapreskan,” tandasnya. Seperti diketahui, PDI Perjuangan menyerahkan keputusan soal capres kepada Megawati. Mega masih mendapat dukungan dari internal, dan masuk dalam salah satu skenario capres PDI Perjuangan. Namun, Mega belum juga memberikan keputusan dan masih menunggu hasil pileg. Sesuai dengan hasil Rakernas III PDI Perjuangan, Mega diminta memutuskan capres sesuai dengan kesiapan internal partai dan kondisi politik terkini.

679 Total Views 2 Views Today


Be the first to comment on "Masyarakat Ingin Jokowi Jadi Capres, Bukan Cawapres"

Leave a comment

Your email address will not be published.