Kalah 0-1 dari Thailand, Indonesia Harus Puas Raih Medali Perak

Kabar.tv kali ini menyampaikan informasi tentang Kalah 0-1 dari Thailand, Indonesia Harus Puas Raih Medali Perak sebagai berikut:

Kalah 0-1 dari Thailand, Indonesia Harus Puas Raih Medali Perak

2153205458740497780x390Thailand menjuarai SEA Games 2013 setelah mengalahkan Indonesia 1-0 pada partai final cabang sepak bola putra di Stadion Zayyarthiri, Naypyidaw, Sabtu (21/12/2013). Sarawut Masuk menjadi pahlawan Negeri Gajah Putih lewat gol cantiknya pada menit ke-22.

Dengan demikian, Thailand menyabet medali emas turnamen dua tahunan antara negara-negara Asia Tenggara ini dan Indonesia harus puas menyabet medali perak. Perunggu sepak bola diraih Singapura, yang pada laga perebutan medali ini menang 2-1 atas Malaysia.

Sejak awal pertandingan, Thailand, yang mengalahkan Indonesia 4-1 pada babak penyisihan Grup B, langsung mengambil inisiatif menyerang.  Menit kedelapan, pasukan besutan Kiatisuk Senamuang ini sudah memberikan ancaman serius. Melalui kerja sama dari sektor tengah, bola diumpan kepada Pokklaw Anan yang melakukan gocekan sebelum melepaskan tendangan terarah ke pojok kiri gawang. Beruntung Kurnia Meiga sigap menepisnya.

Indonesia memberikan respon yang bagus. Pada menit ke-12, Ramdani Lestaluhu mendapatkan peluang. Meloloskan diri dari kawalan pemain belakang Thailand, Ramdani melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Tetapi si kulit bundar mengarah tepat ke penjaga gawang Kawin Thammasatchanan. Ini merupakan peluang pertama pasukan Garuda Muda.

Thailand terus mendominasi pertandingan. Pada menit ke-19, tim Negeri Gajah Putih ini kembali memberikan tekanan lewat tedangan pojok. Kurnia Meiga tampil sangat cemerlang mengantisipasi bola tendangan sudut yang mengarah ke tiang jauh, karena tangkapannya lengket.

Namun pada menit ke-22, gawang Indonesia jebol lewat sebuah serangan balik Thailand. Sarawut Masuk dengan cerdik memanfaatkan peluangnya ketika menyambut umpan terobosan Thitiphan Puangchan. Setelah mengontrol bola, Sarawut menchip bola untuk memperdaya Kurnia Meiga yang maju untuk menutup pergerakannya. 1-0 untuk Thailand.

Meskipun telah berusaha keras, Indonesia kesulitan menembus pertahanan Thailand, yang bermain sangat rapi dalam laga ini. Bahkan, mereka nyaris menempatkan semua pemainnya di depan kotak penalti ketika kehilangan bola, sehingga Bayu Gatra dan kawan-kawan tak mendapatkan celah untuk menembus kotak penalti.

Sebaliknya, Thailand langsung menebarkan ancaman ketika menguasai bola. Serangan balik Pokklaw dan kawan-kawan patut diwaspadai barisan belakang Indonesia yang digalang Alfin Tuasalamony, Mokhamad Syaifuddin, Manahati Lestusen dan Diego Michiels. Sampai turun minum, skor tetap 1-0 untuk Thailand.

Di awal babak kedua, Indonesia mencoba untuk mengambil kendali permainan. Tetapi lagi-lagi Garuda Muda sulit meruntuhkan tembok pertahanan Thailand, yang masih sangat kokoh untuk ditembus.

Menit ke-60, Indonesia mendapatkan peluang lewat tendangan bebas di depan kotak penalti, menyusul pelanggaran terhadap Fandi Eko Utomo. Tetapi eksekusi Andri Ibo, yang masuk menggantikan Manahati, tak sempurna karena bola tendangannya membentur pagar hidup Thailand.

Indonesia terus memberikan tekanan dan mendapatkan peluang terbaik diperoleh pada menit ke-75 ketika terjadi kemelut di mulut gawang Thailand. Sayang, Ramdani tak sempurna mengeksekusi bola liar. Sempat salah menendang bola sundulan dari pemain belakang Thailand, Ramdani kembali mendapatkan kesempatan lewat tendangan sambil membelakangi gawang. Tetapi si kulit bundar melebar tipis di sisi kiri gawang Kawin.

Di sisa pertandingan, Indonesia terus menggempur pertahanan Thailand, yang selama paruh kedua nyaris tak memberikan ancaman serius ke gawang Kurnia Meiga. Tetapi berbagai upaya tim besutan Rahmad Darmawan ini tak kunjung membuahkan hasil terbaik untuk menyamakan skor, sehingga Garuda Muda harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor tipis 1-0.

Dengan demikian, Thailand berhak menyabet medali emas SEA Games ke-27 dan Indonesia kembali harus menelan kekecewaan karena hanya mampu meraih medali perak seperti dua tahun lalu di Palembang. Impian mengulangi kesuksesan 22 tahun silam ketika meraih medali emas harus tertunda.

Susunan pemain

Indonesia: 1-Kurnia Meiga; 26-Alfin Tuasalamony, 29-Mokhamad Syaifuddin, 13-Manahati Lestusen (Andri Ibo 57), 24-Diego Michiels; 11-Dedi Kusnandar, 4-Rizky Pellu (Dendi Santoso 81); 23-Bayu Gatra Sanggiawan, 7-Rizki Ramdani Lestaluhu; 22-Fandi Eko Utomo, 9-Yandi Sofyan Munawar (Ferinando Pahabol 69′)
Pelatih: Rahmad Darmawan

Thailand: 26-Kawin Thammasatchanan; 15-Pravinwat Boonyong, 4-Sakolwat Skollah, 3-Theeraton Bunmathan; 24-Krirkrit Thaweekarn, 12-Charyl Champpuis, 10-Pokklaw Anan, 30-Sarawut Masuk (Kesarat 87′), 7-Thitiphan Puangchan; 9-Adisak Kraisorn
Pelatih: Kiatisuk Senamuang

620 Total Views 5 Views Today


1 Comment on "Kalah 0-1 dari Thailand, Indonesia Harus Puas Raih Medali Perak"

  1. I have noticed that your blog needs some fresh articles.
    Writing manually takes a lot of time, but there is tool for this time
    consuming task, search for; Wrastain’s tools for content

Leave a comment

Your email address will not be published.