Hati-hati Memilih Pelek Mobil

Kabar.tv kali ini menyampaikan informasi tentang Hati-hati Memilih Pelek Mobil sebagai berikut:

Hati-hati Memilih Pelek Mobil

0303104Pelek-okeh780x390Modifikasi mobil memang tak ada batasnya, apalagi bicara pelek. Berbagai macam jenis dan ukuran tersedia di pasar aftermarket. Tetapi, jangan sampai salah memilih pelek, bisa-bisa Anda justru kena batunya nanti!

Ibarat sepatu, jika pelek ukuran tidak pas maka akan mengganggu kenyamanan saat berjalan. Sama seperti pelek. Kalau memilihnya salah, justru bisa membuat mobil justru jadi boros, merusak kaki-kaki, bahkan memicu terjadinya kecelakaan. Nah, sebelum memperbarui satu set “sepatu” baru mobil Anda, ada dua hal yang perlu diketahui soal pelek mobil.

PCD
Pertama, setiap pelek punya ukuran yang disebut Pitch Centre Diameter (PCD) sebagai acuan. Ukuran ini merupakan jarak antara lubang baut satu dengan yang lain. Jika tertulis 4×100, maka pelek itu punya empat lubang baut dengan ukuran PCD 100 mm. Untuk mobil merek-merek Jepang biasanya menggunakan PCD 100 atau 112 dengan jumlah baut berbeda-beda.

Kedua, offset yakni ukuran yang merupakan jarak antara bagian dalam tengah pelek dengan permukaan dudukan (mounting) pada kaki mobil. Offset menentukan jarak keluar atau masuknya bibir pelek dari fender mobil. Setiap mobil punya ukuran masing-masing.

“Paling kalau mau menggantinya, tak boleh terlalu jauh dari acuan pabrik, maksimal dua tingkat naik atau turun. Kalau lebih bisa justru menggerus dinding fender atau ban,” jelas Amar dari bengkel modifikasi pelek Mdm kepada KompasOtomotif, di Jakarta Selatan, belum lama ini. Anda wajib mengetahui dua hal dasar tesebut sebelum memutuskan ganti pelek.

Jenis
Pada dasarnya, di pasar aftermarket ada dua jenis pilihan pelek, yakni berbentuk satu bagian (one piece) sampai tiga bagian (three pieces). Pelek one piece biasanya lebih tahan lama karena dibuat dalam bentuk utuh. Bobotnya relatif lebih berat dan punya motif cenderung terbatas.

Sedangkan pelek three pieces punya kelebihan tersedia komponen pengganti. Jadi, bila salah satu bagian pelek rusak, dapat diganti dengan yang baru, tanpa harus mengganti semua. Desain lebih beragam dan ringan. Tapi, jika dibandingkan dengan pelek one piece kekuatannya tidak sebanding.

Untuk pemilihan bentuk, sangat tergantung dari selera dan dana yang Anda miliki. Merek Jerman akan lebih mahal ketimbang keluaran Jepang atau Taiwan. Desainnya juga beragam, mulai dari sporty, off-road, elegan, atau tribal, semua tersedia di pasar. Warnanya juga beragam, mulai dari silver, gold, hitam, sampai krom.

Sumber: KompasOtomotif

892 Total Views 5 Views Today


Be the first to comment on "Hati-hati Memilih Pelek Mobil"

Leave a comment

Your email address will not be published.