Hati-hati Gorengan Yang Ditambahkan Plastik

Kabar.tv kali ini menyampaikan informasi tentang Hati-hati Gorengan Yang Ditambahkan Plastik sebagai berikut:

Hati-hati Gorengan Yang Ditambahkan Plastik

Desas-desus soal adanya jajanan gorengan berplastik mulai bergulir sejak awal Mei lalu. Temuan lapangan membuktikan jajanan gorengan berplastik ternyata bukan sekedar desas-desus. Tak sulit menemukan penjaja gorengan yang menggoreng pisang, singkong, tempe atau pun bakwan tidak saja dengan minyak goreng, tapi juga kantung plastik, sedotan atau apapun yang berbahan baku plastik untuk menggurihkan dagangannya. Cara penyajian gorengan berplastik ini dapat dilihat pada penjelasan berikut:

gorengan-plastik1

yang berkilau adalah plastik yang sedang digoreng di dalam minyak

Saat plastik di goreng di dalam minyak yang sudah panas, kita bisa lihat plastik menjadi lemas dan tipis. Inilah tanda terputusnya ikatan-ikatan monomer. Perpindahan monomer juga terjadi bila makanan atau minuman dalam wadah plastik terkena panas matahari secara langsung

Bayangkan dampak dari hal ini, Bahan-bahan kimia yang telah masuk ke dalam tubuh ini tidak larut dalam air sehingga tidak dapat dibuang keluar, baik melalui urin maupun feses (kotoran). Penumpukan bahan-bahan kimia berbahaya dari plastik di dalam tubuh dapat memicu munculnya kanker. Semakin tinggi suhu makanan atau minyak gorengan tersebut maka semakin cepat perpindahan monomer-monomer.

Minyak goreng yang digunakan berkali-kali oleh para pedagang gorengan sudah jelas tidak sehat apalagi ditambah dengan menggoreng plastik di minyak yang akan digunakan menambah tidak sehat minyak tersebut.

Berikut ini contoh plastik2 yang digunakan oleh para pedagang :
1. Plastik bungkus kue atau rujak
2. Plastik styrofoam
3. Plastik Kiloan (biasanya untuk bungkus makanan berkuah) dll

Nama plastik : Poli vinil Clorida
Sebuah penelitian di Jepang mengindikasi bahwa Poli Vynil Chlorida dan Vinylidene Chloride Resin merupakan dioksin, yaitu senyawa kimia yang digolongkan sebagai penyebab utama kanker karena sifatnya yang sangat beracun. Detailnya, silahkan baca di link berikut ini :http://www.halalguide.info/content/view/550/38/

JIKA MASIH SUKA GORENGAN ?

Saat ini banyak trik para pedagang untuk mengelabuhi konsumen, salah satunya adalah yang dilakukan pedagang gorengan dengan mencampurkan plastik ke dalam minyak pada saat proses penggorengan berlangsung. Diyakini melalui proses ini, hasil gorengan akan lebih awet renyah, tidak mudah mlempem. Namun dibalik itu, tindakan tersebut sangat bahaya bagi konsumen.

Bagaimana caranya untuk mengetahui gorengan yang memakai campuran plastik?

Ciri-ciri berikut, semoga dapat membantu Anda:

1. Yang berkilau adalah plastik yang sedang digoreng di dalam minyak

gorengan1-300x225

2. Bercak-bercak putih adalah kandungan plastik yang mengendap di gorengan

3. Gorengan yang digoreng dengan minyak murni tidak terdapat bercak-bercak putih

gorengan3-300x225

813 Total Views 2 Views Today

TAG:

hati hati kue plastik

Be the first to comment on "Hati-hati Gorengan Yang Ditambahkan Plastik"

Leave a comment

Your email address will not be published.