Hati-hati dengan Jajanan Kantor, Makanan Pengaruhi Kinerja

Kabar.tv kali ini menyampaikan informasi tentang Hati-hati dengan Jajanan Kantor, Makanan Pengaruhi Kinerja sebagai berikut:

Hati-hati dengan Jajanan Kantor, Makanan Pengaruhi Kinerja

makanan-sehatJangan remehkan jajanan kantor. Makanan memengaruhi kinerja kita di kantor. Pakar nutrisi Clyde Wilson mengungkapkan, cara organ mencerna setiap makanan berbeda. Misalnya, otak membutuhkan jenis gula tertentu. Beberapa karbohidrat sehat dari buah-buahan dan sayuran memasok energi yang dibutuhkan otak untuk tampil maksimal.

Ada pun makanan olahan seperti sereal, pasta, dan roti mengandung pati dan gula yang mudah diolah. Sayangnya, tubuh kita tak bisa mengolah semua gula dalam satu waktu. Makanan semacam itu justru memicu sekresi insulin secara berlebihan yang akhirnya mengubah kalori yang tak terolah menjadi lemak.

Insulin yang berlebihan tersebut pada akhirnya juga bisa menyebabkan tekanan darah menjadi rendah yang akan memengaruhi kinerja kita. Oleh karena itu, sebaiknya makan makanan yang sehat saat bekerja. Berikut tipsnya.

Sayuran hijau. Sayuran hijau mampu memperlambat proses pencernaan gula. Dengan perlambatan, otak dan otot lebih siap untuk mengolah gula tersebut. Insulin pun tidak akan disekresikan berlebihan sehinggan potensi penumpukan lemak bisa diminimalisir. Ditambah lagi, kandungan antioksidan di dalam sayuran hijau bermanfaat untuk mencegah kanker dan memperbarui sel-sel yang mati.

Konsumsi zat besi yang cukup. Zat besi penting bagi energi karena merupakan komponen utama dalam hemoglobin – protein pembawa oksigen di dalam sel darah merah. Kekurangan zat besi memengaruhi fungsi kognitif pada dewasa dan anak-anak.

Jangan terlalu banyak konsumsi kafein. Minum kopi saat bekerja boleh-boleh saja. Kafein dalam jumlah sedikit bisa meningkatkan metabolisme dan energi. Tapi, tidak jika dalam jumlah banyak. Sebuah studi dari Johns Hopkins Medical School menemukan bahwa kafein dalam jumlah besar dapat mengurangi perfroma kerja.

Konsumsi lemak sehat. Lemak tidak selalu buruk. Ada pula lemak sehat yang penting bagi tubuh. Misalnya, lemak ikan atau omega 3. Menurut majalah Health, defisiensi asam lemak omega 3 berkontribusi pada depresi di Amerika. Oleh karena itu, konsumsilah suplemen yang mengandung omega 3.

Akan lebih baik jika kita membawa bekal dari rumah. Selain bisa memilih menu yang sehat, makanan pun cenderung lebih terjaga kebersihannya.

(Berbagai sumber)

587 Total Views 1 Views Today


Be the first to comment on "Hati-hati dengan Jajanan Kantor, Makanan Pengaruhi Kinerja"

Leave a comment

Your email address will not be published.