Kabar.tv kali ini menyampaikan informasi tentang sebagai berikut:

Program S2 Magister Manajemen Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya


VISI DAN MISI
VISI
  1. Menjadi sekolah bisnis bertaraf internasional yang unggul dan terkemuka di kawasan Asia serta memiliki komitmen terhadap kualitas untuk menghasilkan pemimpin yang bermartabat dan berintegritas tinggi.
MISI
  1. Untuk mendidik para profesional agar memiliki kemampuan teoritis yang mumpuni dan kemampuan akademis yang memadai.
  2. Untuk mendidik para profesional agar memiliki kemampuan manajerial yang inovatif, jiwa kepemimpinan, dan pengalaman bisnis.
  3. Untuk memperbaiki kualitas kemampuan manajerial para manajer profesional di dalam menghadapi perubahan dan tantangan dalam dunia bisnis saat ini.
CAPAIAN / HASIL PROGRAM
Capaian / Hasil Program dari MM Unair adalah Shaping Innovative Leader di mana lulusan MM Unair:
  1. Mampu mengembangkan pengetahuan manajerial untuk mengelola kesempatan bisnis hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan bisnis sehingga dapat meningkatkan daya guna organisasi melalui pendekatan inter atau multidisipliner
  3. Mampu mengelola penelitian bisnis dalam rangka peningkatan kualitas manajerial dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis dan memberikan manfaat bagi masyarakat di level nasional maupun internasional.

MATRIKULASI

AKUNTANSI DASAR
Modul akuntansi ini akan membantu mahasiswa dengan pandangan menyeluruh tentang akuntansi keuangan. Dalam mata kuliah ini diperkenalkan konsep-konsep dan terminologi akuntansi dengan fokus pada pemahaman atas laporan keuangan.
Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, Studi Kasus, dan Tugas.
STATISTIKA BISNIS
Perkuliahan pengantar statistic ini merupakan penjelasan tentang konsep-konsep serta prinsip-prinsip dan statistic untuk bisnis. analisis data dan penyajian hasil. Topiknya meliputi distirbusi normal, distribusi sampling, estimasi dan confidence intervals, analisis data dan bagaimana menarik simpulan, menggunakan analsisi regresi sederhana, penggunaan program computer untuk kepentingan penyimpulan data. Metode-metode statistic yang dberikan dipilih yang relevan untuk mengambil keputusan manajerial dan pemecahan masalah, serta menerapkannya dalam perkuliahan metodologi penelitian bisnis.
Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, Studi Kasus, dan Tugas.
KETRAMPILAN BELAJAR
Matakuliah ini dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa agar mampu melakukan presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris dengan standar Internasional di forum akademik dan bisnis. Melalui Outbound Training mahasiswa akan berpartisipasi, mengenali satu sama lain dan menjalani proses kerjasama serta pelatihan fisik yang menyenangkan di alam bebas.
SEMESTER I
PERILAKU ORGANISASI DAN TEORI
Matakuliah Perilaku Organisasi berisi tentang pemahaman dan analisis tentang pengelolaan individu dalam organisasi, tim dan bahasan dalam lingkup organisasional. Pengelolaan individu dalam organisasi, membahas tentang perbedaan-perbedaan individual, motivasi, persepsi dan atribusi, komunikasi dan manajemen stres. Pengelolaan tim membahas tentang pemecahan masalah dalam tim dan keefektifannya, dinamika dan kinerja tim, serta manajemen konflik dan negosiasi. Pengelolaan dalam lingkup organisasional membahas tentang budaya organisasi, perubahan, pengembangan dan pembelajaran organisasi.
Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, Studi Kasus, dan Tugas.
DATA DAN PEMBUATAN KEPUTUSAN
Matakuliah ini dirancang untuk mahasiswa Program Magister Manajemen (S2). Di dalam mata kuliah ini disajikan mengenai pentingnya metode kuantitatif sebagai alat untuk analisis pengambilan keputusan masalah bisnis.
Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, Studi Kasus, dan Tugas.
METODOLOGI PENELITIAN BISNIS
Perkuliahan ini mempelajari teknik-teknik dalam proses penelitian. Melalui perkuliahan ini akan diperoleh pengalaman dari aktivitas pendefinisan masalah penelitian, perancangan proyek penelitian, dan dalam pengumpulan, analisis, pencatatan dan pengnterpretasian data. Dalam perkuliahan ini juga akan dianalisis penelitian-penelitian berkaitan dengan bisnis yang pernah dilakukan.
Metode Pembelajaran:
Tugas, diskusi kasus, membaca, mengembangkan rencana penelitian, melakukan penelitian dan menulis laporan sebagai aktivitas belajar melalui sebuah proyek penelitian yang diajukan.
AKUNTANSI MANAJEMEN DAN PENGAWASAN
Matakuliah ini dirancang untuk mahasiswa Program Magister Manajemen (S2). Di dalam mata kuliah ini disajikan teknik perhitungan biaya produksi dan teknik-teknik analisis biaya dan perencanaan dan pengendalian, serta pengambilan keputusan manajemen dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.
Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, Studi Kasus, dan Tugas.
ETIKA BISNIS DAN CSR
Matakuliah ini dirancang untuk mahasiswa S2 agar mereka memahami betapa pentingnya etika dalam berbisnis. Dalam matakuliah ini dibahas pula lingkungan bisnis yang merupakan komponen penting untuk mendukung kelanjutan bisnis dengan menyertakan pula bahasan tentang aspek hukum yang berlaku.
Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, Studi Kasus, dan Tugas.
SEMESTER II
MANAJEMEN KEUANGAN
Matakuliah Manajemen Keuangan dirancang untuk mahasiswa Magister Manajemen dalam mengembangkan cara pikir, cara pandang dan cara kelola serta judgement dalam keuangan dan investasi dalam rangka membekali mereka menjadi praktisi bisnis profesional. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diberikan wawasan tentang:
  1. Fungsi dan Tujuan Manajemen Keuangan, dan Teori Keagenan.
  2. Menentukan Nilai Waktu dan Uang
  3. Risk and Return, Portfolio CAPM yang disampaikan melalui metode kasus.
  4. Penyusunan Anggaran modal
  5. Studi kasus tentang Valuasi dan Penganggaran Modal
  6. Studi kasus tentang Aplikasi dalam Investasi CAPM
  7. Pemahaman tentang Biaya Modal, Risiko Penganggaran Modal, Struktur Keuangan dan Modal, Kebijakan Deviden, Leasing
  8. Studi kasus tentang Struktur Keuangan dan Modal, Kebijakan Deviden dan Leasing.
  9. Konsep dan kasus tentang Merger & Akuisisi, Financial Distress
Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, presentasi dan Tugas.
MANAJEMEN OPERASI DAN PROSES
Matakuliah Manajemen Produksi dan Operasi membahas tentang proses bisnis dalam organisasi yang merupakan bagian penting dari perusahaan dalam menciptakan nilai tambah atas produk atau jasa perusahaan. Bagian penting proses bisnis perusahaan terangkum dalam materi manajemen operasi dan proses yang meliputi topik-topik seperti Operation Strategy & Competitiveness yang membahas tentang arah strategi operasi dan proses bisnis dalam mendukung strategi perusahaan. Selanjutnya realisasi konsep strategi ini dituangkan dalam desain produk dan analisis prosesnya. Proses operasi ini selanjutnya dituangkan dalam Job Design & Work Measurement. Pembahasan berikutnya berkenaan dengan perencanaan sistem proses operasi yakni berkenaan dengan lokasi, tata letak fasilitas.
Topik-topik penting yang juga merupakan isi dari mata kuliah ini adalah berkenaan dengan Quality Management, Process Capability & AQC, dan isu-isu terbaru dalam manajemen proses operasi seperti: Supply Chain Strategy, Strategy Capacity Management, Just in Time and Learn System, Enterprise Resource Planning System, Business Process Reengineering, Synchronous Manufacturing and Theory of Constraints.
Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, presentasi dan Tugas kelompok dan individu.
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Matakuliah Manajemen Sumberdaya Manusia ini diberikan bersama dengan mata kuliah manajemen fungsional lainya seperti fungsional pemasaran, produksi dan operasi, serta manajemen keuangan sebagai matakuliah inti. Dalam mata kuliah ini membahas tentang dukungan fungsi sumber daya manusia dalam menciptakan keunggulan bersaing selaras dengan strategi organisasi melalui MSDM, selanjutnya membahas tentang MSDM Strategik, yang dituangkan dalam Analisis dan Rancangan Pekerjaan dan Perencanaan SDM dalam organisasi. Matakuilah ini juga membahas pengambilan keputusan berkenaan dengan Rekrutmen Seleksi dan Penempatan sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan organisasi, Pelatihan dan Pengembangan, Penilaian Kinerja, Kompensasi, serta Pemberhentian Kerja. Hal lain yang juga dibahas dalam mata kuliah ini adalah Hubungan Industrial, serta pengukuran keefektifan MSDM, dan bagaimana cara meningkatkan keefektifan MSDM dalam organisasi untuk mendukung keunggulan bersaing organisasi.
Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, presentasi dan Tugas kelompok dan individu.
MANAJEMEN PEMASARAN
Matakuliah ini membahas tentang aplikasi dari teori-teori pemasaran, konsep-konsep dan penerapannya berkenaan dengan manajemen fungsi–fungsi pemasaran dalam organisasi yang komplek. Penekanannya adalah pada aspek manajerial dari rencana pemasaran, Semesterasuk didalamnya analisis terhadap lingkungan eksternal. Inti dari perkuliahan ini adalah penerapan dari bauran pemasaran terhadap rencana strategic perusahaan.
Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, presentasi dan Tugas kelompok dan individu.
PERATURAN KEUANGAN DAN KEBIJAKAN FISKAL
Matakuliah ini membahas lingkungan bisnis yang menentukan regulasi yang dibuat oleh pemerintah, serta kebijakan moneter pemerintah dan kebijakan fiskal yang memberikan dampak pada pengambilan keputusan organisasi. Lingkungan tersebut antara lain terdiri dari isu ketenagakerjaan, upah, pengangguran, konsumsi, investasi, arus perdagangan, tingkat suku bunga, perdagangan saham, harga dan inflasi, sumber-sumber pertumbuhan ekonomi
Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, Studi Kasus, dan Tugas.
SEMESTER III
MANAJEMEN SISTEM INFORMASI
Matakuliah ini didesain untuk mahasiswa Program Magister Manajemen (S2). Mata kuliah ini memberikan wawasan tentang praktek kontemporer dalam mengelola informasi sebagai aset strategik bagi organisasi. Selain itu membahas tentang tantangan-tantangan didalam mengelola aset didalam organisasi. Memahami infrastruktur informasi, strategis untuk menjamin konsistensi dan keamanan IT, dan bagaimana memimpin dan mengorganisasikan fungsi IT.
Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, Studi Kasus, dan Tugas.
PENGUKURAN DAN PENGELOLAAN KINERJA ORGANISASI
Matakuliah ini memberikan pengetahuan tentang pengukuran kinerja dengan menggunakan Balanced Scorecard yang dikembangkan oleh Robert Kaplan dan David Norton dari Harvard University sebagai suatu prinsip untuk mengorganisasikan berbagai macam aspek dari manajemen strategic termasuk didalamnya perencanaan pengukuran dan evaluasi, penjaminan mutu, rancangan proses dan perbaikan, pengembangan organisasi dan pembelajaran, benchmarking, manajemen human capital, kepemimpinan dan customer focus.
Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, Studi Kasus, dan Tugas.
MANAJEMEN PERUBAHAN
Matakuliah ini membahas tentang bagaimana mengidentifikasi tantangan untuk berubah, bagaimana melakukan perubahan melalui pengorganisasian kembali dan reengineering dalam organisasi, untuk memenuhi tuntutan kebutuhan eksternal agar organisasi tetap hidup dan berkembang serta memenuhi kebutuhan pertumbuhan secara internal dalam lingkungan yang kompleks dan dinamik. Di dalam matakuliah ini dibahas tentang strategi, proses dan perencanaan perubahaan serta bagaimana menanggulangi perilaku dan resistensi dalam perubahan.
Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, Studi Kasus, dan Tugas.
STRATEGI PERSAINGAN DAN KORPORASI
Matakuliah ini dimaksudkan untuk mengembangkan pemahaman yang mendasar mengenai pengelolaan strategik perusahaan atau badan usaha dalam berbisnis. Dalam mata kuliah ini dibahas secara mendalam bagaimana mengelola sebuah badan usaha dengan keterbatasan sumberdaya yang ada tetap dapat menjalankan roda bisnisnya dengan melakukan manuver-manuver strategi sehingga tetap dapat menciptakan keuntungan.
Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, Studi Kasus, dan Tugas.
SEMESTER IV
SIMULASI BISNIS
Matakuliah ini dirancang untuk mengasah keterampilan mahasiswa untuk mengintegrasikan dan menggunakan pengetahuan dan kecapakan yang diperoleh dari matakuliah utama dalam studi Program Magister Manajemen ini. Perkuliahan ini dilakukan melalui simulasi bisnis dimana sekelompok mahasiswa bertanding satu sama lain untuk meraih keberhasilan bisnis dalam industri, dengan membuat keputusan, memformulasikan strategi, memecahkan persoalan, dan menjawab tantangan yang kompetitif.
Metode Pembelajaran:
Kuliah, Diskusi, Studi Kasus, dan Tugas.
MATA KULIAH PILIHAN
TESIS

Persyaratan Khusus

  1. Lulusan Prodi S-1 : Multi Disiplin
  2. Surat keterangan pengalaman bekerja/Keterangan Usaha dengan uraian tugas pekerjaan saat ini (meliputi lingkup pekerjaan, tugas dan tanggung jawab pada pekerjaan saat ini, serta gambaran posisi saat ini dalam struktur organisasi)
  3. Telah bekerja minimal 1 Tahun setelah lulus S1.
  4. Surat Ijin untuk mengikuti pendidikan Magister Manajemen dari perusahaan tempat bekerja
  5. Fotocopy Sertifikat ELPT (Institutional / Internasional) (bila ada)
  6. Menyusun karangan pendek (tidak kurang dari 300 kata) tentang (pilih salah satu) :
    a. Makna Sukses bagi saya.
    b. Persoalan bisnis terbesar saat ini

Persyaratan Online

  1. Ijazah Asli S1 (Bagi Lulusan 2016 bisa menggunakan SKL)
  2. Surat keterangan pengalaman bekerja/Keterangan Usaha dengan uraian tugas pekerjaan saat ini (meliputi lingkup pekerjaan, tugas dan tanggung jawab pada pekerjaan saat ini, serta gambaran posisi saat ini dalam struktur organisasi)
  3. Surat Keterangan Telah bekerja minimal 1 Tahun setelah lulus S1.
  4. Surat Ijin untuk mengikuti pendidikan Magister Manajemen dari perusahaan tempat bekerja
  5. Fotocopy Sertifikat ELPT (Institutional / Internasional) (bila ada)
  6. Menyusun karangan pendek (tidak kurang dari 300 kata) tentang (pilih salah satu) :
    a. Makna Sukses bagi saya.
    b. Persoalan bisnis terbesar saat ini
Program Studi S2 Magister Manajemen Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga memiliki tenaga pengajar sebagai berikut:

NO. NAMA EMAIL
1.
Ahmad Rizki Sriadi (Dr., SH., MM., MH)
[email protected]
2.
Amak Mohammad Yaqoub (SE., MSM.)
[email protected]
3.
Anis Eliyana (Prof., Dr., SE., M.Si.)
[email protected]
4.
Arif Firmansyah (SE., MM.)
[email protected]
5.
Aris Arsumaninggar (Dr., SH., MH.)
[email protected]
6.
Badri Muhir Sukoco (SE., MBA., Ph.D.)
[email protected]
7.
Dien Mardhiyah (SE., M.Si.)
[email protected]
8.
Djoni Budiardjo
9. Dwi Rahmawati (Dr., SE., M.Com)
[email protected]
10.
Febriana Wurjaningrum (SE., MT.)
[email protected]
11.
Fitri Ismiyanti (Dr., SE., M.Si.)
[email protected]
12.
Gancar Candra Premanto (Dr., SE., M.Si.)
[email protected]
13.
I Made Sudana (Drs., Ec., MS)
[email protected]
14.
Indrianawati Usman (Dr., SE., M.Sc)
[email protected]
15.
Masmira Kurniawati (Dr., SE., M.Si)
[email protected]
16.
Nuri Herachwati (Dra., Ec., M.Si., M.Sc.)
 [email protected]
17.
Praptini Yulianti (Dr., Dra., Ec., M.Si.)
[email protected]
18.
Rahmat Heru Setianto (SE., M.Sc.)
[email protected]
19.
Sony Kusumasondjaja (SE., M.Com., Ph.D)
[email protected]
20.
Sri Gunawan (Drs., M.Com., DBA.)
[email protected]
21.
Sri Hartini (Dr., SE., M.Si)
[email protected]
22. Sri Wahjuni Astuti (Prof., Dr., S.E., M.S.)
23.
Tuwanku Aria Auliandri (SE., M.Sc.)
[email protected]
24. Windijarto (Dr., SE., MBA.)
[email protected]
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA
Jl. Airlangga 4-6 Surabaya
Telp : 031 5033642, 5036584, 5049480, 5049480,5044940
Fax : 031 5026288
e-Mail :
[email protected]
[email protected]
Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNAIR.
68 Total Views 1 Views Today