23 Khasiat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan

Kabar.tv kali ini menyampaikan informasi tentang 23 Khasiat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan sebagai berikut:

23 Khasiat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan

Sebagian besar orang mengenal buah naga merah hanya terbatas pada rasanya yang manis, kandungan airnya yang menyegarkan, serta kenikmatannya pada saat dijadikan sebagai bahan campuran minuman dingin. Diluar itu tak banyak yang memahami akan kandungan manfaat buah naga merah untuk kesehatan.

Sama halnya dengan buah naga putih, buah naga merah juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang begitu besar bagi kesehatan tubuh. Buah naga merah memiliki tampilan luar yang sangat unik yakni dengan kulit berwarna merah yang menyerupai bentuk api yang menyala. Bagian dalam buah ini juga berwana merah keunguan, memiliki kadar air yang cukup tinggi, dan berbiji lunak. Tekstur buah di dalamnya hampir menyerupai buah kiwi.

Buah naga merah berkerabat dengan jenis tanaman kaktus dari marga selenicereus dan hylocereus. Buah ini pertama kali ditemukan di Amerika Tengah, kota Meksiko. Saat ini buah naga merah telah banyak dibudidayakan diberbagai negara seperti Vietnam, Filipina, Taiwan, Malaysia, Okinawa, Tiongkok Selatan, Australia, dan Indonesia. Untuk mendapatkan manfaat buah naga merah, maka buah ini sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin.

Kandungan di dalamnya terbukti mampu memperkuat sistem imunitas tubuh selain terdapat banyak kandungan vitamin lain di dalamnya. Manfaat dalam kandungan buah naga sangat baik bagi pemenuhan keterbutuhan vitamin dan mineral pada tubuh manusia. Kandungan Buah Naga yang Bermanfaat Sebelum lebih jauh membahas mengenai kebermanfaatan yang diperoleh jika mengonsumsi buah naga merah, sebaiknya terlebih dahulu kita memahami apa saja kandungan gizi yang terdapat pada buah tersebut.

23 Manfaat Buah Naga Merah

Manfaat yang dihasilkan dari mengonsumsi buah naga merah sangatlah beragam. Dimulai dari manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh tubuh sampai pada manfaat yang tidak dirasakan secara langsung, alias jangka panjang. Beberapa bagian dalam buah naga merah memiliki khasiat serta manfaat yang berbeda-beda. Dimulai dari bagian batang, daging, serta kulitnya terkandung vitamin serta zat yang kaya akan manfaat. Pada kesempatan kali ini pembahasan terfokus pada manfaat buah naga merah yaitu sebagai berikut:

  1. Membantu Menjaga Kesehatan dan Stamina Tubuh

Kandungan antioksidan serta vitamin yang terdapat dalam buah naga merah dapat memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan serta stamina tubuh. Hal ini penting guna meminimalisir efek radikal bebas serta lebih tahan terhadap penyakit.

2. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Kandungan vitamin B3 dalam buah naga merah sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sangat disarankan bagi yang memiliki kadar kolesterol tinggi untuk mengonsumsi buah ini. Seperti kita ketahui bahwa kolesterol sangat berbahaya apabila dibirkan tinggi, penyakit-penyakit serius yang timbulkannya antara lain penyakit jantung koroner dan stroke.

3. Membantu Meredakan Batuk

Manfaat buah naga merah selanjutnya yaitu dapat membantu meredakan penyakit batuk. Lagi-lagi khasiat ini diperantarai oleh kandungan vitamin B3 di dalamnya.

4. Membantu dalam Penyembuhan Penyakit Kanker

Para dokter telah merekomendasikan untuk mengonsumsi buah naga merah dalam rangka membantu penyembuhan penyakit kanker. Kandungan vitamin kompleksnya sangat bermanfaat bagi proses terapi dalam penyembuhan penyakit tersebut.

5. Meredakan Penyakit Asma

Bagi seseorang yang menderita penyakit asma sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah naga merah. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin B3 di dalamnya yang mampu membantu meredakan penyakit asma.

6. Menstabilkan tekanan Darah Tinggi

Buah naga merah dengan kandungan vitamin B3-nya sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita darah tinggi. Dokter pun menganjurkan untuk banyak mengonsumsi buah ini bagi penderita penyakit tersebut.

7. Mencegah Osteoporosis

Mengonsumsi buah naga merah sangat baik untuk mencegah penyakit pengeroposan pada tulang atau yang biasa dikenal dengan sebutan istilah osteoporosis. Hal tersebut dikarenakan di dalam buah tersebut terdapat kandungan kalsium organik yang sangat baik untuk tulang.

8. Membantu Penyembuhan Penyakit Diabetes

Rasa manis yang ada pada buah naga merah tidak berasal dari glukosa sehingga aman untuk penderita penyakit diabetes. Bahkan beberapa ahli juga menyebutkan bahwa manfaat buah naga merah juga dapat membantu penyembuhan pada penderita penyakit tersebut.

9. Memperindah Tampilan Fisik

Buah naga merah mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga mampu membantu menjaga kesehatan tubuh terutama pada kulit. Buah naga merah juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar perawatan tubuh yakni dengan mengolahnya menjadi krim lulur dan lain sebagainya. 10 | Membantu Merawat Kesehatan Mata Kandungan beta-karoten di dalam buah naga merah mampu membantu merawat kesehatan mata sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

11. Membantu Mengurangi Berat Badan

Salah satu upaya dalam menurunkan berat badan (diet) adalah dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan serat serta rendah kalori. Mengonsumsi buah naga merah dapat menjadi alternatif pilihan yang baik bagi anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

12. Membantu Melancarkan Pencernaan

Mengonsumsi buah naga juga dapat membantu melancarkan pencernaan karena terdapat kandungan air dan serat yang cukup tinggi di dalamnya. Baca juga: Dahsyatnya Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil Berbagai manfaat yang terkandung dalam buah naga merah yang dapat dirasakan secara langsung oleh tubuh sangatlah beragam. Karenanya buah ini sangatlah baik jika dijadikan sebagai keterbutuhan konsumtif sehari-hari.

Beberapa manfaat buah naga merah lainnya adalah sebagai berikut :

  • Membantu menguatkan tulang dan gigi
  • Sangat baik bagi usus Membantu mencegah peradangan
  • Membantu menjaga ion dalam tubuh
  • Membantu persendian agar tidak mudah kram
  • Membantu menjaga kesehatan syaraf
  • Sebagai pewarna alami makanan
  • Membantu menghilangkan jerawat pada wajah
  • Membantu melancarkan peredaran darah
  • Membantu melancarkan ASI bagi ibu menyususi
  • Membantu meredakan panas dalam

Keterbutuhan akan nutrisi tubuh dapat terpenuhi salah satunya dengan banyak mengonsumsi buah-buahan. Sangat disarankan agar mengonsumsi buah ini secara rutin, mengingat manfaat serta khasiat buah naga merah yang begitu besar bagi kesehatan kita.

Buah naga merah rasanya dapat menjadi pilihan yang tepat dalam memenuhi keterbutuhan tubuh akan nutrisi dan hal-hal esensial lainnya. Demikian penjelasan mengenai beberapa manfaat yang terkandung dalam buah naga merah, semoga bermanfaat.

137 Total Views 1 Views Today